Mengapa Mobil Pemadam Kebakaran Menyembunyikan Sirene?

Mobil pemadam kebakaran harus cepat-cepat sampai di tempat kebakaran. Sirenenya dibunyikan agara orang menepi dan pemadam kebakaran dapat melaju lebih cepat tanpa harus berhenti. Pemadam kebakaran mendahului mobil-mobil lain dan tidak perlu menaati lampu lalu lintas.

mobil pemadam kebakaran

Pemadam kebakaran selalu terburu-buru ke tempat kebakaran

Jika lalu lintas macet, pemadam kebakaran terkadang lewat jalur yang berlawan. Sewaktu melaju ke tempat kebakaran, pemadam tidak menghiraukan lampu merah bila jalan kosong.

Mengapa Kendaraan Lain Menggunakan Sirene?

  1. Ambulans, mengangkut orang sakit atau yang terluka ke rumah sakit untuk pertolongan darurat.
  2. Mobil dan sepeda motor polisi. Polisi perlu cepat sampai di tempat terjadinya kecelakaan atau kejahatan, atau saat mengejar tersangka pelaku kejahatan.

Pemadam kebakaran harus sampai di tempat kebakaran dengan segera. Suara sirenenya memberi tahu kita untuk menepi dan memberinya jalan. Jika menjumpai lampu merah, mobil ini melambat untuk memeriksa apakah jalan aman, dan tetap melaju bila jalan kosong.

Kalau jalannya terhambat, kendaraan ini juga boleh lewat di jalur yang bukan seharusnya. Itu juga berlaku bagi mobil dan sepeda motor polisi, ambulans, dan kendaraan lainnya yang dilengkapi sirene. Bila kendaraan ini berjalan menuju tempat terjadinya keadaan darurat, kendaraan lain harus melambat atau berhenti dan memberi jalan bagi mereka. Pejalan kaki pun harus memberi jalan bagi mereka begitu pula yang menggunakan sirene. Meski lampunya hijau, pejalan kaki harus menunggu kendaraan darurat itu lewat sebelum mereka menyeberang jalan.

About Ahexa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *