Bagaimana Planet Bumi Terbentuk?

Bumi adalah salah satu dari delapan planet dalam tata surya. Miliaran tahun yang lalu, partikel debu dan gas di angkasa saling bergabung. Mula-mula matahari terbentuk, kemudian planet satu per satu. Ketika serpih-serpih besar batuan berpadu, Bumi bertambah besar dan menjadi sebuah bola padat.

Bumi terbentuk

Sejarah terbentuknya Bumi

  1. Awalnya matahari terbentuk dari serpih-serpih debu dan gas yang berputar seperti awan di antariksa. Bahannya menjadi semakin padat dan panas. Debu dan gas lainnya terus berputar mengelilingi matahari yang masih muda ini.
  2. Beberapa gas dan debu yang mengelilingi matahari lalu bergabung. Terbentuklah awan tebal partikel yang terus mengorbit matahari. Partikel lain pun bergabung dengannya sehingga bola ini terus membesar.
  3. Awan itu saling menyatu dan semakin dekat sehingga partikelnya menjadi sangat rapat dan membentuk bola padat.
  4. Bola itu mulai memanas dari dalam sampai seluruh bahannya meleleh. Bahan yang lebih berat ditarik ke pusat planet yang muda itu, sedangkan bahan yang ringan, seperti uap air dan udara, bergerak ke permukaan.
  5. Ketika bagian luar planet menjadi dingin, bahan itu menjadi batuan, samudra, dan angkasa Bumi.

Tata surya yang meliputi matahari sebagai pusatnya dan delapan planet yang mengelilinginya, terbentuk sekitar lima miliar tahun yang lalu. Ketika Bumi menjadi massa rapat yang cair, permukaannya mulai menjadi dingin dan memadat menjadi batuan, yang membentuk kerak Bumi. Awan yang mengandung uap air berkondendasi menjadi hujan, yang semakin mendinginkan permukaan Bumi dan membentuk samudra. Karbon dioksida dan gas lain membungkus planet dalam bentuk atmosfer, yang merupakan bahan lain pembentuk kehidupan.

About Ahexa