6 Desain Terbaik Mata Uang Rupiah

Apakah Anda tahu uang Rupiah lama dan bagaimana desain terbaiknya? Dan apakah lebih bagus daripada uang baru dari Rupiah?. Pada hari senin tanggal 19 Desember 2016 pihak Bank Indonesia meluncurkan satu seri uang Rupiah Tahun Emisi (TE) 2016 yang terdiri dari 4 pecahan uang logam dan 7 pecahan uang kertas dengan gambar pahlawan. Desain mata uang rupiah terbaru ini konon yang terbaik. Akan tetapi, sebenarnya seri-seri uang rupiah selalu menjadi terbaik di zamannya masing-masing.

Dan dibawah ini ada 6 gambar uang rupiah yang menurut Ahexa.com mempunyai desain unik dan hingga kini merupakan yang terkeren dan terbaik.

Uang kertas Rp 10.000 (Tahun 1975)

Desain uang kertas ini bisa dikatakan adalah yang terbaik yang pernah dipunyai oleh Indonesia. Bahkan menurut kami desain rupiah tahun 1975 ini merupakan yang terbaik di dunia. Coba anda periksa dengan teliti uang ini, dalam hal penempatan warna dan strukturnya sangat indah dan berseni kelas tinggi. Di belakang terdapat gambar relief yang akan mengingatkan kita pada kejayaan masa lalu bangsa Indonesia. Di bagian depan, ada wajah Barong yang merupakan budaya asli Indonesia.

Uang kertas Rp 5.000 (Tahun 1992)

Uang ini sangat keren dengan hiasan gambar Sasando Rote dan Danau Tiga Warna yang berwarna-warni. Dari gambar uang rupiah 5000 tahun 1992 ini bisa tersampaikan sebuah pesan bahwa negara Indonesia mempunyai alam yang indah dan kebudayaan yang sangat beragam.

Uang kertas Rp 1.000 (Tahun 1952)

Uang ini merupakan salah satu dari sekian banyak incaran para kolektor uang. Desain uang yang kuno dan elegan dan perpaduan budaya Indonesia, jadikan uang patut masuk dalam uang rupiah terkeren sepanjang masa.

Uang kertas Rp 20.000 (Tahun 1995)

Uang rupiah berciri khaskan burung Cendrawasih asal Papua dan Cengkeh ini masih sering kita dapatkan karena belum lama masa edarnya. Cita rasa seni yang sangat tinggi tercurah semua pada uang tahun 1995 ini. Terdapat benang pengaman yang berwarna perak jadikan sulit untuk dipalsukan.

Uang kertas Rp 10 (Tahun 1957)

Satu uang kuno rupiah lagi yang masuk dalam uang terbaik milik Indonesia. Desain dan padu padan warna yang unik dan terdapat hewan kancil di pojok menjadikan uang rupiah ini sangat menarik.

Uang kertas Rp 1 (Tahun 1951)

Uang yang diluncurkan pada tahun 1951 ini merupakan bagian dari seri pemandangan alam. Dengan desain rupiah yang sederhana dan tampilan pemandangan alam Indonesia, jadikan uang ini sangat mudah untuk diingat meski baru pertama kali melihatnya.

Nah, begitulah beberapa desain unik dan terbaik dari uang rupiah yang sudah beredar dari jaman pasca kemerdekaan hingga tahun 1995. Uang-uang tersebut juga menjadi bagian dari sejarah Indonesia. Para pendahulu dan kita pernah menggunakan uang tersebut untuk melakukan transaksi perdagangan atau yang lainnya.