25 November Selamat Hari Guru Nasional

Apakah Anda tahu kapan hari Guru Nasional diadakan dan tanggal berapa?.Sampai saat ini peran guru dalam dunia pendidikan masih belum bisa digantikan oleh siapapun. Perlu kita ketahui bahwa peran guru sangat penting dalam hal mengajarkan ilmu pengetahuan dan pembentukan karakter dalam diri kita.

 

hari guruNah, oleh karena itu di Indonesia pada tanggal 25 November 2016 di peringati sebagai Hari Guru nasional. Tujuan diperingatinya hari tersebut adalah untuk memberikan dukungan kepada para guru di indonesia dan meyakinkan kepada mereka bahwa keberlangsungan pembentukan karakter di masa depan ditentukan oleh guru.

Hari Guru merupakan hari dimana kita memperingati jasa-jasa beliau yang selama ini telah ikhlas memberikan ilmunya tanpa pamrih, menyampaikan ilmu yang telah mereka peroleh semasa menuntut ilmu dan mengamalkan ilmu mereka kepada kita sebagai calon penerus bangsa ini agar kelak kita bisa menjadi pemimpin yang shiddiq, amanah, tabligh dan fathonah seperti sifat yang di miliki Nabi Muhammad saw.
Pada zaman khalifa, guru sangat berperan penting dalam penyebaran agama islam termasuk Nabi Muhammad yang sudah menjadi guru bagi para sahabatnya pada masa itu sehingga pada zaman tersebut beliau sangat disegani karna ilmunya yang sangat berpengaruh kepada peradapan islam sampai saat ini, sedangkan sejarah Hari Guru di Indonesia diawali dengan lahirnya organisasi PGRI pada 25 November 1945 tepatnya setelah 100 hari proklamasi kemerdekaan Indonesia di bacakan dan keputusan tersebut sudah di tetapkan oleh presiden pada masa itu dengan undang-undang no 78 tahun 1994 .

Maka sudah sepatutnya kita sebagai anak bangsa, pada peringatan Hari Guru ini dapat memetik hikmah yang terkandung dibaliknya akan perjuangan guru pahlawan tanpa tanda jasa yaitu:

1) Janganlah kita memandang sebelah mata kepada guru. Karena, pada hakikatnya setiap ilmu yang kita dapatkan wajib untuk diamalkan kembali kepada sesama karena mereka menyalurkan tenaga dan pikiran mereka kepada anak didiknya, berharap mereka dapat menjadi penerus yang lebih berpengetahuan luas dan berkepribadian yang luhur.

2) Hormatilah guru-guru kita.

3) Amalkan ilmu yang telah kita dapat kepada sesama.