Ricky Elson Si Putra Petir, Biografi dan Hasil Karyanya

Ricky Elson “Si Putra Petir” salah satu anak bangsa yang berhasil menciptakan hasil karya yang sangat berguna bagi perkembangan teknologi di Indonesia. Dia merupakan seorang teknokrat yang lahir di bumi pertiwi ini dan terkenal dengan keahliannya dalam teknologi motor penggerak listrik.

Ricky Elson Si Putra Petir, Biografi dan Hasil Karyanya
Ricky Elson bersama Dahlan Iskan, Sumber foto: https://www.facebook.com/ricky.elson

Biografi Ricky Elson

Ricky Elson lahir di Padang, Sumatera Barat pada tanggal 11 Juni 1980. Saat ini dia berusia 35 tahun. Dia menamatkan pendidikn sekolah menengahnya dari SMA Negeri 5 Padang di tahun 1998.

Lalu Ricky memilih pendidikan tinggi/kuliah teknologinya di negeri Sakura, Jepang. Setelah menyelesaikan pendidikannya dia bekerja pada sebuah perusahaan di Jepang tersebut. Dia bekerja di perusahaan tersebut selama 14 tahun. Dan selama itulah, Uda Ricky sudah menciptakan belasan dari teknologi motor penggerak listrik yang kemudian di hak patenkan di negara Jepang.

Menteri BUMN (Menteri Badan Usaha Milik Negara) yang saat itu masih dipegang oleh bapak Dahlan Iskan dan beberapa ahli dalam pengembangan teknologi lainnya tergerak untuk meminta Ricky Elson bergabung dalam Kementrian Riset dan Teknologi Indonesia saat itu, Universitas, lembaga penelitian dan lembaga pemerintahan yang berhubungan dengan bidang teknologi. Hal itu bertujuan untuk mempercepat pengembangan adanya mobil listrik Indonesia. Bahkan bapak Dahlan Iskan pun rela untuk memberikan gajinya sebagai Menteri BUMN kepada uda Ricky ini.

Pada pertengahan tahun 2013, Ricky Elson bersama timnya bekerja untuk menyelesaikan mobil listrik yang akhirnya bernama Gendhis dan Selo untuk digunakan pada KTT APEC (Asia-Pacific Economic Cooperation) atau Kerjasama Ekonomi Asia Pasifik di Denpasar, Bali. Akan tetapi proyek Ricky tentang mobil listrik nasional tersebut mengalami rintangan dengan adanya peraturan yang tidak kunjung keluar. Setelah sekian lama menunggu tentang status peraturan yang tak keluar akhirnya Ricky kembali lagi ke perusahaan Jepang tempat di mana dia bekerja sebelumnya.

Penelitian Ricky Elson

1. Turbin Angin “Si Penari Langit”

Ricky Elson Si Putra Petir, Biografi dan Hasil Karyanya
Turbin Angin Si Penari Langit Ricky Elson, Sumber foto: https://www.facebook.com/ricky.elson

Sebuah Turbin angin atau Kincir angin hasil karya dari uda Ricky yang bernama “Si Penari Langit”. Turbin angin ini mampu menghasilkan kekuatan listrik sampai 3 kali lipat daripada turbin angin milik South West yang berasal dari Amerika Serikat. Dari segi harga untuk perbandingannya sangatlah jauh lebih murah dan efisien. Si Penari Langit ini dijual ke rakyat dengan harga 8,5 Juta US$. Harga tersebut jauh dibawah harga Kincir angin milik South West yang dipatok dengan harga 800 US$ dan apabila terkena pajak maka bisa mencapai harga 1000US$. Sebuah perbandingan harga dan kehebatan teknologi yang sangat jauh.

2. Mobil Listrik

Ricky Elson Si Putra Petir, Biografi dan Hasil Karyanya
Ricky Elson bersama SELO di depan gedung Pemkot Surabaya, Sumber foto: https://www.facebook.com/ricky.elson

Disamping sebagai pengembang dan pencipta dari mobil listrik nasional Indonesia, bang Ricky ini juga sudah menemukan 14 teori motor listrik dan sudah di hak patenkan oleh pemerintah Jepang. Dia juga menjabat kepala divisi dari penelitian dan pengembangan magnet motor dan generator di NIDEC Cooporation, Jepang. Karena prestasi dan penemuan-penemuan Ricky ini maka tak heran Dahlan Iskan meminta dia untuk pulang kembali di Indonesia untuk membangun teknologi mobil motor listrik nasional.

Saat ini Ricky Elson sedang asyik dengan penelitiannya di Ciheras, Tasikmalaya. Sebuah penelitian pembangkit listrik tenaga angin. Hasil dari penelitian di Ciheras ini sangat luar biasa, kincir angin rancangan dia menjadi yang terbaik di dunia dalam kelas 500 watt peak. Sebuah hasil dari kemandirian anak bangsa yang patut di dukung.

Teruslah bersemangat dan ciptakan hal-hal yang baru bagi Indonesia, uda Ricky Elson!