Gunung Slamet Meletus, Tegal dan Brebes Hujan Abu

Gunung Slamet Meletus, Tegal dan Brebes Hujan Abu

Gunung Slamet Meletus, Tegal dan Brebes Hujan Abu. Pada hari kamis tanggal 11 September 2014, Gunung Slamet yang berada di Jawa Tengah ini meletus dan menyebabkan abu vulkanik menyebar di sekitar daerah gunung Slamet. Beberapa desa di daerah Tegal dan Brebes terena terdampak gerimis abu yang bercampur pasir hitam.

Gunung Slamet, meletus, Hujan abu, abu vulkanik, Gunung Slamet meletus, Hujan abu Gunung Slamet, ketinggian gunung Slamet

Menurut Fauzan, Pembina Setia Budi Pecinta Alam Brebes, gerimis abu vulkanik yang berasal dari Gunung Slamet sudah terliha semenjak sore ditambah lagi dengan angin yang cukup kencang. Gerimis abu tipis ini turun di sebagian daerah Tegal yang berjarak sekitar 4,5 kilometer dari puncak gunung Slamet. Yang terkena dampak abu tipis di daerah Tegal itu adalah Dukuh Sawangan, Desa Sigedong, Kecamatan Bumijawa.

Di daerah Brebes, gerimis abu tipis juga turun di Desa Dawuhan, Kecamatan Sirampog. Jaraknya hampir dua kali dari jarak wilayah yang terdampak hujan abu di daerah Tegal, sekitar sembilan kilometer dari puncak Gunung Slamet.

Pada tadi malam sekitar pukul 19.30 wib di Gunung Slamet mengeluarkan suara dentuman letusan keras dan pijaran api dan hal ini menyebabkan kepanikan warga yang ingin melihat keadaan. Kerasnya Gunung Slamet meletus ini bahkan terasa di Pos Pengamatan Gunung Slamet di Desa Gambuhan daerah Pemalang. Padahal, pos pengamatan Gunung Slamet tersebut terletak sekitar 9,5 kilometer dari puncak gunung.

Kepanikan tidak hanya terjadi di daerah provinsi Jawa Tengah bagian barat laut. Di wilayah Purwokerto hal yang sama juga terjadi. Banyak warga yang ingin melihat sendiri aktivitas Gunung Slamet yang telah menjadi level siaga semenjak 12 Agustus 2014 lalu. Dari Purwokerto ini bisa terlihat lontaran lava pijar dari puncak Gunung Slamet.

Dentuman pertama kali dari meletusnya Gunung Slamet terjadi pertama kali sekitar pukul 12.30 WIB. Kerasnya dentuman Gunung Slamet meletus tersebut membuat kaca-kaca rumah warga ikut bergetar.

Gunung Slamet yang meletus ini memiliki ketinggian 3.429 meter diatas permukaan laut dan saat ini berada dalam status siaga Level III.

Demikian berita terbaru dariĀ Gunung Slamet Meletus, Tegal dan Brebes Hujan Abu.