Fenomena Supermoon Ekstra Muncul Malam Ini

Fenomena Supermoon Ekstra Muncul Malam Ini

Fenomena alam supermoon ekstra akan terjadi nanti malam pada tanggal 10 Agustus 2014. Ketika Supermoon, bulan akan terlihat lebih besar dan lebih terang dibanding biasanya. Menurut US Naval Observatory, seperti yang dikutip dari CNN, hari minggu ini, menyatakan Supermoon kali ini merupakan Supermoon yang terbesar dan paling terang tahun ini.

Fenomena Supermoon Ekstra Muncul Malam Ini, Supermoon 10 Agustus 2014, Fenomen Supermoon, hujan meteor, perseid, Supermoon terbesar, supermoon paling terang, supermoon ekstra, supermoon nanti malam, bulan besar, bulan terang, gerhana bulan, hujan meteor

Supermoon yang terjadi nanti malam 12 persen lebih besar dan 30 persen lebih terang daripada fenomena Supermoon yang pernah terjadi pada Januari 2014 lalu. Supermoon juga pernah terjadi pada tanggal 12 Juli 2014 lalu. Fenomena Supermoon juga akan bisa kita saksikan pada 9 September 2014 mendatang.

Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Thomas Jamaludin pernah menguraikan jika Supermoon adalah fenomena periodik yang terjadi karena jarak bulan berada paling dekat dengan Bumi. Orbit bulan terjadi dengan lingkar yang tidak sempurna, melainkan berbentuk elips, sehingga akan tampak lebih besar. Dijelaskan juga oleh Thomas Jamaludin, istilah Supermoon biasa digunakan dalam dunia Astrologi, sedangkan dalam astronomi disebut bulan purnama terdekat.

Masih menurut Thomas Djamaludin, Supermoon atau purnama terdekat kedua tahun ini akan terjadi pada malam Senin (hari minggu malam) 10 Agustus hingga 11 Agustus 2014.

Beberapa hari setelah Supermoon muncul 10 Agustus ini, para penikmat antariksa akan dimanjakan oleh fenomena hujan meteor Perseid. Fenomena hujan meteor jatuh ini akan mencapai puncaknya pada 13 Agustus 2014 nanti. Namun sayangnya menurut Nasa, keindahan hujan meteor Perseid akan terhalangi karena cahaya terang yang dipancarkan bulan. Di dalam hujan meteor Perseid itu sedikitnya ada 100 meteor muncul setiap jam. Hanya meteor yang paling terang akan terlihat. Menurut Professor  Thomas juga memastikan hal itu. Purnama dan cahaya bulan, pasti akan mengganggu pengamatan meteor dan jumlah meteor yang terlihat akan semakin sedikit.

Nama Perseid berasal dari komet Swift-Tuttle, di mana nama Perseid diambil karena dari rasi bintang Perseus.

Demikianlah Fenomena Supermoon Ekstra Muncul Malam Ini pada 10 Agustus malam nanti. Siap-siap keluar rumah untuk menyaksikan Supermoon terbesar dan paling terang.