Aksi Vandalisme Cla-X Indonesia di Jepang

Aksi Vandalisme Cla-X Indonesia di Jepang

Salah satu aksi memalukan di lakukan oleh orang Indonesia di Jepang dengan melakukan aksi Vandalisme Cla-X di Gunung Fuji. Aksi Vandalisme yang dilakukan tersebut adalah dengan mencoret-coret pada beberapa batu di Gunung Fuji. Aksi vandalisme di Gunung Fuji ini ¬†membuat malu traveler Indonesia. Tulisan ‘Cla-X Indonesia‘ menjadi petunjuk tentang siapa pelakunya. Banyak traveler yang menduga bahwa pelakunya dari daerah Klaten, itu tersirat pada tulisan Cla dan lambang X Romawi.

Aksi Vandalisme Cla-X Indonesia di Jepang, vandalisme, cla-x, aksi vandalisme klaten, Aksi vandalisme di jepang, vandalisme di gunung fuji

Menurut beberapa situs media dari Jepang, ditemukan 3 coretan grafiti vandalisme di Gunung Fuji. Media Sankei Shimbun memposting foto bertuliskan ‘RUDAI’, Media Saga Shimbun memposting foto bertuliskan ‘RUDAI OOSIS’ dan Media Shizuoka Shimbun memposting foto bertuliskan ‘Cla-X Indonesia’. Grafiti tulisan vandalisme itu ditemukan di beberapa bebatuan sepanjang jalur pendakian Gunung Fuji pada ketinggian 3.500-3.600 mdpl.

Aksi Vandalisme Cla-X Indonesia di Jepang, vandalisme, cla-x, aksi vandalisme klaten, Aksi vandalisme di jepang, vandalisme di gunung fuji

Salah satu grafiti vandalisme yang bertuliskan ‘Cla-X Indonesia’ merupaan sebuah kunci.¬†Jika di baca Cla-X maka artinya X adalah huruf romawi yang bernilai 10 (Ten), dan digabungkan menjadi Claten atau Klaten. Dan banyak pilox di jalan di komunitas anak Klaten bertulisan seperti itu.

Traveler Indonesia mudah untuk mengidentifikasi Cla-X sebagai arti dari Klaten. Tapi bukan berarti pelakunya mudah ditemukanh ditemukan. Hingga saat ini belum ada informasi dan petunjuk untuk pelaku dari Aksi Vandalisme Cla-X Indonesia di Jepang ini.